Yuki Librilianti

Aku lahir di Jakarta 38 tahun yang lalu, melanjutkan sekolah menengah atas di SMAN 1 cianjur kemudian mengenyam bangku kuliah Diploma tiga di Universitas Padjad...

Selengkapnya
Buah Hati Tambatan Jiwa
Buah Hatiku

Buah Hati Tambatan Jiwa

Tahukah anda mengenai arti dan seberapa penting buah hati?, namanya sering kita dengar dan tak asing lagi "buah hati" menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia/ KBBI buah hati adalah jantung hati atau kekasih yang tercinta. Allah memberikan manusia jantung yang sangat penting peranannya bagi kelangsungan hidup manusia. jantung menurut fungsinya sebagai pusat peredaran darah yang letaknya di dalam rongga dada sebelah atas, darah bersih mengalir dari jantung ke suluruh tubuh. Jadi tentu dapat dibayangkan jika tidak memiliki jantung?.

Buah hatiku adalah jantung bagi kehidupanku, seorang ibu pastilah sangat menyayangi buah hatinya sehingga mereka rela berkorban demi kebahagian putra-putrinya. namun ada sebagian Ibu yang mempunyai sifat kejam dan tega menganiaya buah hatinya sendiri. Jika masih saja kita dengar berita di media sosial dan televisi beberapa bulan lalu seorang ibu tega membunuh buah hatinya sendiri, hal itu terjadi karena si ibu mengalami gangguan jiwa akibat guncangan mental yang membuat hilangnya keimanan seseorang.

Bagaimana menjadi orang tua yang baik bagi buah hatinya? Menjaga amanah dari Allah SWT yang mesti dipertanggungjawabkan oleh orang tua kelak di akhirat yaitu membesarkan buah hati kita dengan memberikan pendidikan, menanamkan nilai-nilai agama, kasih sayang, kesehatan, dan lainnya. Cara memdidik buah hati kita menurut ajaran Al- Quran dan sunnah adalah yang paling tepat. Islam menekankan pendidikan dasar seorang anak sebagai cikal bakal ketauhidannya kelak sebagai pondasi seseorang mengarungi bahtera kehidupan. Akankan anda tega menyerahkan pendidikan dan pengasuhan putra-putri anda kepada asisten rumah tangga? bukankan anak adalah buah hati, jantung kehidupan, permata dan harta yang tak ternilai? mari kita umpamakan jika anak anda itu berlian dengan karat yang bernilai ratusan juta kemudian karena alasan bekerja buah hati anda yang di umpamakan berlian tersebut anda titipkan untuk disimpan dan dirawat oleh asisten anda? tentunya tak akan mungkin rela dan ikhlas. Beruntunglah bagi ibu-ibu yang bekerja dan memilih menitipkan buah hati anda kepada orang tua dan sodara kandung, karena sejelek-jeleknya mereka tak akan tega merusak dan menyakiti buah hati kita, malah akan lebih sayang menyayanginya melebihi kasih sayang kepada diri kita sendiri. Wahai Ibu kelak engkau akan dimintai pertanggung jawaban atas kewajinanmu sebagai seorang ibu yang memiliki peranan penting dalam pengasuhan buah hatimu. Anak juga merupakan sebuah ujian bagi setiap orang tua, seperti yang Allah katakan di dalam Al Quran surat Al-Anfal ayat 28 yang artinya "Dan ketahuilah bahwa hartamu dan anak-anakmu itu hanyalah sebagai cobaan dan sesungguhnya disisi Allahlah pahala yang besar" Tidak sedikit orang tua yang di uji oleh buah hati mereka, ektra sabar dan kasih sayang yang luar biasa yang harus dimiliki oleh orang tua yang mengalami ujian tersebut. Yakinlah Allah akan memberikan pahala yang besar di Akhirat kelak, In Sha Allah.

Sering kita temui dalam kehidupan banyak anak yang tumbuh hidup di jalanan, mengamen, mengemis dan menjadi objek penganiayaan serta mengalami kekerasan seksual. itulah akibat orang tua yang tidak bertanggung jawab, lalu apa yang dapat dilakukan apabila melihat kejadian tersebut?. Menurut UU No. 4 Tahun 1979 tentang kesejahteraan anak, mengatakan bahwa anak terlantar adalah anak yang karena suatu sebab orang tuanya melalaikan tanggung jawab sebagai kewajiban terhadap anak-anaknya, sehingga kebutuhan anak tidak terpenuhi dengan wajar, baik secara jasmani maupun sosial. Bukan hanya negara yang menjadi penanggung jawab tapi masyarakat semua karena merekalah yang kelak akan menjadi penerus bangsa. Mau dibawa kemana arah dan tujuan anak-anak bangsa ini? sebagai guru dan juga orang tua tanggung jawabmu sangatlah besar. Tak hanya dituntut mencerdaskan kehidupan bangsa namun dituntut untuk menanamkan ahlak yang mulia, menanamkan nilai karakter anak, sehingga memiliki karakter yang hebat demi bangsa Indonesia yang Jaya.

Wahai orang tua tanggung jawab suksesnya buah hatimu ada di pundakmu, didiklah mereka menurut konsep Al-Quran dan hadist. Karena pendidikan Islam merupakan pendidikan yang harus dijalankan seumur hidup. Oleh karena itu orang tua bertanggung jawab mendidik buah hati mereka dengan pendidikan aqidah, ahlak, keterampilan, dan pengetahuan umum. Agar tidak tergerus oleh jaman yang memberikan masukan luar biasa terlebih dengan datangnya teknologi yang tidak dapat dihindari lagi. Jadikan teknologi sebagai alat untuk meningkatkan ilmu pengetahuan dan berdakwah, mulailah merangkul buah hati kita untuk lebih sadar akibat dampak baik dan buruk penggunaan internet, dan membatasi penggunaannya dari serangan manusia-manusia tak bermoral yang akan merusak bangsa ini. Semoga bermanfaat apa yang telah saya sampaikan. Salam.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Ibu cantik postinganya keren. Ayo buat buku parenting

08 Feb
Balas

Buah hatiku

08 Feb
Balas

Iya miss B

08 Feb

Betul sekali, Bu. Pendidikan anak di usia dini, justru sangat penting bagi pembentukan kepribadian anak nanti. Maka sbg ortu kita perlu berhati-hati.

08 Feb
Balas

Keluarga Sakinah Mawaddah Warahmah

08 Feb
Balas

Aamiin YRA

08 Feb

Lalu bagaimana jika orangtua sudah tua...mau tidak mau harus dititipkan ke asisten rumah tangga...dan itu yang saya alami

08 Feb
Balas

Ibu jika orang tua ibu sudah tua mereka menjadi pemantau dan pengawas asisten rumah tangga jangan 100 % dipercayakan sepenuhnya kepada ART atau adik dan Sepupu kita ajak Tinggal serumah untuk turut mengawasi

08 Feb

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali